Sabtu, 19 Februari 2011

Pentingnya Silaturahmi

“Siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan usianya, maka hubungkanlah tali silaturahminya,” (HR. Bukhari).
Kalau ingin banyak kawan, peliharalah silaturahmi dengan orang lain. Banyak sekali manfaatnya kalau menjalankan ajaran Islam. Diantaranya dengan silaturahmi dapat menghindari diri kita dari permusuhan, memperbanyak teman, memperpanjang umur, hidup rukun dengan tetangga dan masyarakat, dan masih
banyak lagi.
Selain itu, silaturahmi juga membuat tali persatuan dan persaudaraan semakin kuat. Begitu pentingnya rasa persatuan dan persaudaraan, Allah melarang manusia untuk bercerai berai dan saling bermusuhan. Allah berfirman: “Berpegang eratlah kamu sekalian dengan tali (agama) Allah, dan janganlah bercerai berai. Ingatlah kurnia Allah kepada kamu, ketika kamu dahulu bermusuh-musuhan, lalu dipersatukan-Nya hati kamu, sehingga dengan karunia Allah itu, kamu menjadi bersaudara. Kamu dahulu berada di tepi lubang neraka, lalu diselamatkan-Nya kamu dari situ. Begitulah Allah menjelaskan keterangan-keterangan-Nya kepada kamu, supaya kamu menempuh jalan yang benar,”(QS. Ali Imran [3]:103).
Rasulullah bersabda: “Tidak halal bagi seorang muslim manjauhi (memutuskan hubungan) dengan saudaranya melebihi tiga malam. Hendaklah mereka bertemu untuk berdialog mengemukakan isi hati dan yang terbaik ialah yang pertama memberi slam (menyapa),” (HR. Al-Bukhari).
Dalam menjalankan usaha atau bisnis, ternyata silaturahmi juga sangat penting. Salah satu manfaatnya, bisa memperluas rezeki sehingga usaha kita menjadi berkembang. Sebab, dengan menjaga dan membina silaturahmi, dalam dunia bisnis disebut networking (jaringan), membuat hubungan semakin dekat. Akhirnya kalau teman atau mitra punya peluang bisnis atau usaha akan mempercayakan kepada kita. Selain itu, silaturahmi pula dapat menghilangkan musuh yang bisa menjadi saingan dan menghambat usaha kita untuk maju.
Posted on by Berbagi Bersama Agus | No comments

0 komentar:

Posting Komentar